Waktu

Waktu adalah pedang. Begitulah kata pepatah dari Arab. Jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, maka ia akan menebasmu.

Waktu adalah uang. Begitulah kata pepatah dari Barat. Sebegitu berharganya waktu. 
Dari Ibnu Abbas r.a. berkata, "Rasulullah SAW bersabda: Manfaatkan lima keadaan sebelum datang lima: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa sempatmu sebelum masa sempitmu, masa kayamu sebelum datangnya fakirmu, dan masa hidupmu sebelum datangnya matimu." (H.R. Al Hakim dan Al Baihaqi).

Oleh karena itu, gunakan waktumu sebaik mungkin karena waktu akan terus berjalan, apapun yang terjadi, apapun yang kita lakukan. Matahari akan terus bersinar di pagi hari, tenggelam di sore hari dan digantikan oleh bulan, lalu terbit kembali di pagi harinya. Begitulah, waktu akan terus berputar. Namun perjalanan waktu tidak bisa diputar balik, tidak bisa ditunda walaupun hanya sedetik.

Sebagai manusia, tugas kita adalah memanfaatkan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya. Karena kita  tidak pernah tahu kapan nikmat waktu akan dicabut dari diri kita, saat kita harus menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala dan diminta pertanggungjawaban atas waktu yang di berikan kepada kita. Maka, pergunakanlah waktu kita untuk sesuatu yang bernilai ibadah, dan jangan malas dalam beribadah!

Written by: Ridho Azhari Nasution
(IG: @ridhoazhari_nst )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muslimah BKM Mengaji Season 2

LDF BKM Al-Kautsar Unimal mengadakan kegiatan di waktu libur?