Ramadhan Di kala Pandemik Covid-19


Tak terasa bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Rasa senang yang tiada terkira menyambut kedatangan bulan yang mulia dan penuh keberkahan. Ramadhan menjadi momen penuh berkah dan kebahagiaan bagi umat Muslim di seluruh dunia.  Di sana mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlipat.

Namun, sepertinya Ramadhan tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, karena munculnya Covid-19 yang sudah menelan banyak korban dan hingga saat ini belum ada penawarnya.

Yaa, mungkin Ramadhan tahun ini akan berjalan dengan aktivitas yang jauh berbeda dari Ramadhan sebelumnya, tiada tarawih berjamaah dan tadarus di masjid, tiada buka puasa atau sahur bersama dengan sanak saudara, tiada pasar Ramadhan tempat berburu takjil. Bahkan mungkin untuk tahun ini tidak ada bersilaturahmi ke rumah saudara saat Idul Fitri tiba.

Tapi itu semua dilakukan bukan tanpa sebab. Semua dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, untuk saat ini yang kita bisa lakukan ialah tetap tenang dan jangan panik; tetap berada di rumah saja, jangan keluar kalau tidak perlu; budayakan hidup bersih agar semua kembali seperti semula; serta jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Allah, mungkin ini juga teguran dari Allah karena kita sudah terlalu lalai dan melupakan-Nya.

Written by: Ridho Azhari Nasution
(IG: @ridhoazhari_nst)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muslimah BKM Mengaji Season 2

LDF BKM Al-Kautsar Unimal mengadakan kegiatan di waktu libur?